Apa itu Domain? apa itu Hosting? Cari Tahu Perbedaan Keduanya

Apa itu Domain? apa itu Hosting? Cari Tahu Perbedaan Keduanya
Perbedaan Domain dan Hosting

Di zaman yang serba digital ini, penggunaan website merupakan hal yang sudah biasa. Dengan tujuan promosi, sosialisasi, hingga marketing dan pelayanan, website mampu dijadikan sebagai platform yang interaktif dan terintegrasi. Dalam pengadaan sebuah website, membutuhkan ketersediaan domain dan hosting.

Namun sebenarnya apakah yang dimaksud dengan domain dan hosting? Apa perbedaan domain dan hosting? Mari simak artikel berikut.

 

Mengenal Perbedaan Domain dan Hosting

Istilah domain dan hosting bukanlah sesuatu yang asing, sebab memang tak bisa dipisahkan dengan konteks sebuah website. Namun ternyata masih banyak yang kebingungan terkait pengertian keduanya, hingga masih sukar untuk mengetahui perbedaan domain dan hosting.

 

Domain

Secara singkatnya, domain bisa diartikan sebagai nama dari sebuah situs. Keberadaan domain ini sangat penting bagi sebuah website. Mengapa? Tanpa sebuah domain, pengguna tidak akan dapat mengakses website Anda.

Ibaratkan saja domain ini layaknya alamat rumah, dan pengguna internet adalah tamunya. Bayangkan saja, bagaimana cara tamu tersebut untuk mengunjungi rumah Anda, jika mereka tak mengetahui dimana alamatnya?

Apa yang harus dituliskan di kolom mesin pencarian? Apa yang harus diketik di kolom URL? Tidak mungkin mengharuskan tiap orang untuk mengingat rentetan alamat IP yang Anda gunakan. Akan merepotkan dan ribet!

Inilah yang melatarbelakangi hadirnya sebuah domain, yang menjadi solusi untuk memudahkan akses website. Dengan adanya domain ini, website Anda menjadi lebih gampang untuk dikenali, diingat, dan dibedakan dengan kompetitor lain.

Sebuah domain tidak bisa digunakan untuk 2 website yang berbeda. Ibaratnya saja seperti domain www.google.com , jawarakonten.com, tidak bisa digunakan untuk website lainnya. Biasanya tiap domain memiliki rentang waktu penggunaan yang harus tetap diperpanjang. Jika tidak, ketika masa pakainya habis maka domain tersebut bisa digunakan untuk keperluan website lain.

 

Hosting

Apa perbedaan domain dan hosting? Jika domain diibaratkan sebagai alamat rumah, maka hosting adalah rumahnya. Hosting adalah wadah untuk meletakkan website yang Anda miliki. Seluruh operasional, maupun penyimpanan file website dilakukan di hosting. Tanpa sebuah hosting, mustahil sebuah website bisa dijalankan.

Perbedaan domain dan hosting selanjutnya adalah, tak seperti domain yang tak bisa dibagi, hosting justru menyediakan layanan yang bisa digunakan secara serentak oleh beberapa website sekaligus. Layanan ini disebut sebagai shared hosting. Ibaratnya seperti satu rumah kontrakan yang dihuni oleh beberapa orang sekaligus. Satu server hosting akan menjalankan banyak website di waktu yang bersamaan.

Setiap hosting akan dibarengi dengan control panel, yang diberikan kepada pengguna. Gunanya adalah sebagai alat untuk mengontrol dan menyesuaikan kebutuhan website, melalui pemilihan software hingga aplikasi.

Dalam sebuah hosting, dikenal istilah disk space atau memori penyimpanan. Kapasitas disk space tiap hosting berbeda-beda, tergantung pada servernya. Biasanya kapasitas penyimpanan yang lebih besar akan menunjukkan kualitas hosting yang lebih mumpuni.

Selain itu, hosting juga dekat dengan istilah downtime dan uptime. Downtime merupakan waktu dimana sebuah hosting mati dan tidak dapat dioperasikan. Ketika ini terjadi, maka seluruhnya akan mempengaruhi kegiatan website, layaknya pemadaman listrik yang mengakibatkan alat elektronik tidak bisa berfungsi.

Sedangkan uptime merupakan saat dimana sebuah hosting mampu tetap aktif dan memberikan layanannya kepada pengguna. Sampai saat ini uptime merupakan salah satu cara mengukur kredibilitas serta kualitas sebuah hosting. Makin tinggi uptimenya, maka jaminan website mampu memberikan pelayanan non stop kepada para pengguna akan makin tinggi pula.

Itulah perbedaan domain dan hosting. Walaupun berbeda, namun keduanya merupakan bahan dasar dalam pembuatan website, yang tidak bisa dilewatkan. Bagi Anda yang berencana membangun sebuah website namun masih berada pada tataran pemula, Anda bisa mengandalkan domainesia. Di sini, Anda akan dibantu untuk memulai dan merawat website dengan maksimal dan professional. Plus mendapatkan akses hosting murah gratis domain.