Bagaimana Mengintegrasikan API WhatsApp dengan Bisnis Anda?

Bagaimana Mengintegrasikan API WhatsApp dengan Bisnis Anda?

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif bulanan membuat WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan oleh bisnis untuk menjangkau pelangganya.

WhatsApp Bisnis API adalah fitu tambahan terbaru untuk rangkaian fasilitas yang terdapat di WhatsApp. Fitur ini dirancang untuk membantu bisnis memberikan customer experience yang lebih personal dan dapat meningkatkan layanan pelanggan yang dimiliki oleh sebuah bisnis.

Artikel ini akan membantu anda memahami apa yang dapat dilakukan API WhatsApp untuk bisnis anda dan bagaimana anda dapat menggunakannya untuk memberi keuntungan kepada bisnis anda.

Cara Mendapatkan API WhatsApp

Langkah pertama adalah melakukan pendaftaran untuk mendapatkan API dari WhatsApp. Anda dapat melakukan ini dengan mengunjungi halaman web WhatsApp dan mengisi formulir.

Setelah Anda mengirimkan aplikasi Anda, WhatsApp akan mengirimkan email konfirmasi untuk aktivasi akun Anda, proses approval akan membutuhkan waktu karena pihak Whatsapp akan melakukan review terhadap bisnis anda.

Cara termudah untuk mendapatkan API dari pihak whatsapp adalah dengan bekerja sama dengan pihak yang telah mendapatkan lisensi sebagai Whatsapp Partner seperti Botika Technology.

WhatsApp Bisnis VS WhatsApp Reguler

Pada bagian ini, kita akan membahas perbedaan antara akun WhatsApp Business dan akun WhatsApp biasa.

Akun WhatsApp Bisnis: Sebuah bisnis dapat membuat Akun WhatsApp Business untuk berhubungan dengan pelanggan dan prospek mereka. Mereka juga dapat menggunakannya untuk membuat pengumuman, membagikan pembaruan penting, atau mengirim kupon. Di Akun WhatsApp Bisnis inilah API di integrasikan.

Akun WhatsApp Reguler: Akun WhatsApp ini biasa digunakan untuk komunikasi pribadi. Ini bukan pilihan untuk keperluan bisnis atau membangun brand.

Cara Menggunakan WhatsApp Untuk Membangun Basis Customer Yang Loyal

WhatsApp adalah platform yang efeltif untuk membangun basis customer yang loyal terhadap bisnis anda.Ada 3 cara untuk membuat customer senang untuk terkoneksi dengan bisnis anda, berikut adalah ulasanya.

  • Bangun Hubungan yang Lebih Kuat dengan Pelanggan

Jutaan orang menggunakan aplikasi ini setiap hari dan kebanyakan dari mereka memperbarui status mereka atau mengirim pesan tentang apa yang mereka lakukan, tempat yang mereka tuju, dll.

Anda dapat membangun keakraban dengan mengirimkan pesan postif seperti motivasi dan doa kepada nomer pelaggan. Mereka akan meresponya dengan baik.

  • Jangan Melakukan Promo Terus Menerus

Setiap orang akan merasa sumpek jika terus menerus di tawari untuk memberi sesuatu, hindari mengirimkan pesa penawaran terus menerus. Setiap melakukan penawaran usahakan anda juga menyertakan add on bonus di dalam promo tersebut.

  • Pekerjaan Admin yang Tepat

Pastikan anda mempekerjaan seorang admin yang kredibel untuk mengurus akun whatsapp anda. Karena strategi marketing seperti apapun tidak akan berhasil jika anda tidak memiliki sumber daya manusia yang memadai.

Penutup

WhatsApp adalah aplikasi populer yang memungkinkan pengguna smart phone untuk berbagi pesan teks, foto, dan video dengan orang lain tanpa khawatir pesan diretas. Kemudahan dan keamanan inilah yang membuat banyak orang menggunakan aplikasi ini.

Jika anda belum memaksimalkan penggunaan WhatsApp sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukanya. Dengan hadirnya WhatsApp Bisnis API akan mengangkat bisnis anda ke level berikutnya. Jangan sampai keduluan oleh competitor bisnis anda. Gunakan jasa WhatsApp Bisnis Partner untuk mempercepat proses integrasi dan kebutuhan teknis lainya didalam system layanan bisnis anda.