Cara Ampuh Untuk Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Cara Ampuh Untuk Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Selama menanti kehadiran buah hati, banyak hal yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Misalnya, seperti perubahan fisik maupun psikis. Salah satu hal yang kerap dikeluhkan para ibu hamil muda adalah sakit pinggang. Sakit pinggang saat hamil muda biasanya disebabkan oleh stress, meningkatnya berat badan, dan lain-lain. Jangan sampai sakit pinggang ini membuat kebahagiaan menyambut buah hati berkurang. Yuk ketahui cara mengatasinya di bawah ini:

1.Olahraga Teratur

Tidak ada larangan berolahraga bagi ibu hamil muda. Namun, alangkah baiknya hanya melakukan olahraga ringan saja. Misalnya seperti jalan kaki, berenang, atau yoga. Olahraga ringan ini sangat berguna untuk memperkuat otot pada pinggang, bagian bawah perut dan otot kaki.

Jika otot-otot ini menguat, maka tubuh akan semakin kuat menopang berat badan. Apalagi saat berat badan makin bertambah karena hamil. Jadi, sakit pinggang pun akan berkurang.

2. Kontrol Berat Badan

Memang, kenaikan berat badan pasti dialami oleh ibu hamil muda. Berat badan yang bertambah juga menjadi salah satu faktor terjadinya sakit pinggang. Maka dari itu, ibu hamil tetap harus mengontrol berat badan. Caranya adalah konsumsi makanan yang mengandung gizi dan serat tinggi. Selain itu, pastikan jumlah yang dikonsumsi harus dalam jumlah seimbang.

3. Tidur Dengan Posisi Miring

Posisi tidur yang tepat juga dapat membantu mengurangi sakit pinggang. Tidur miring ke arah samping merupakan posisi tidur yang disarankan. Ibu hamil bisa menekuk sedikit lutut, lalu menempatkan bantal di bawah kaki. Hindari posisi tidur terlentang. Posisi tidur tersebut malah akan meningkatkan resiko sesak dan membuat pinggang lebih sakit. Selain itu, ibu hamil dapat menggunakan bantal hamil agar tidur lebih nyaman.

4. Menggunakan Sepatu yang Nyaman

Agar tetap nyaman beraktivitas, ibu hamil dapat memilih sepatu yang lebih nyaman. Pilihan sepatu yang dapat dipilih yaitu jenis flat shoes. Selain mudah dipakai, sepatu jenis ini dapat mengurangi resiko sakit pinggang. Ada baiknya lupakan dahulu sepatu dengan hak tinggi. Sepatu hak tinggi beresiko akan menambah sakit pinggang. Apalagi jika sepatu seperti ini digunakan untuk berjalan jauh. Selain sakit pinggang, sepatu hak tinggi membuat kaki juga semakin sakit.

5. Jangan Terlalu Lama Duduk atau Berdiri

Hindarilah terlalu lama berdiri atau duduk . Selain mengganggu postur tubuh, pinggang akan terasa semakin sakit dan pegal. Jika sedang melakukan aktivitas yang mengharuskan duduk atau berdiri lama, bisa diakali dengan mengubah-ubah posisi.

Selain itu, usahakan istirahat untuk beberapa saat jika terlalu lama berdiri. Melakukan peregangan saat duduk terlalu lama juga membantu mengurangi sakit pinggang.

Itulah solusi yang bisa dilakukan jika mengalami sakit pinggang saat hamil. Jangan sampai sakit pinggang mengganggu persiapan untuk menyambut lahirnya buah hati. Nah, ibu hamil pastinya juga ingin mempersiapkan peralatan terbaik seperti botol susu unik untuk sang buah hati yang dinanti. Botol susu dari Dr. brown bisa menjadi pilihan. Selain unik dan lucu, botol susu dari Dr brown dapat mengatasi kolik pada bayi.