Sangat Mudah, Begini Cara Beli Barang Dan Belanja Online di OLX.co.id!

Cara Beli Barang Dan Belanja Online di OLX.co.id

Bagaimana cara beli barang dan belanja online di OLX.co.id? Bukan rahasia umum lagi bahwa OLX merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang menawarkan kemudahan dalam pembelian barang secara online. Perusahaan daring ini sudah ada sejak 2006 yang dikembangkan oleh wirausahawan asal Perancis.

Tidak heran mengapa OLX bisa tumbuh menjadi perusahaan pasar daring terbesar dan juga ada dan berkembang di Indonesia. Terdapat berbagai macam produk mulai dari barang elektronik, produk fashion hingga kendaraan bermotor.

Cara Beli Barang dan Belanja Online Di OLX.co.id, Perhatikan Dulu Tipsnya!

Untuk membeli barang secara online di marketplace ini tentu sangat mudah. Namun tetap saja Anda harus memperhatikan beberapa tips membeli barang di OLX Indonesia terlebih dahulu, agar tetap aman dan nyaman.

1. Jangan Terkecoh Harga Murah

Bagi anda yang suka berbelanja di OLX maka harus mewaspadai harga barang yang terlalu rendah. Meski semua orang menyukai barang dengan harga murah tapi jika harga tersebut sudah tidak masuk akal alias terlalu murah Anda perlu curiga. Bisa saja, barang yang anda beli punya kualitas yang sangat rendah karena harganya juga sangat minim. Anda tidak boleh langsung percaya kepada seller atau langsung melakukan transaksi saat itu juga, telitilah dalam membeli barang apapun lewat media online.

2. Kenali Lebih Lanjut Identitas Penjual

agar tidak terjadi penipuan maka anda harus benar-benar mengenali identitas dari seller. Jangan pilih penjual yang memiliki identitas tidak jelas demi kenyamanan bertransaksi secara online nantinya. Anda harus meyakinkan diri sendiri terlebih dahulu apakah penjual dari barang yang anda inginkan benar-benar terpercaya dan aman melakukan transaksi.

3. Gunakan Fitur Chat Khusus OLX

Jika Anda berbelanja di OLX, maka paling aman adalah dengan menggunakan fitur chat dari platform tersebut untuk menghubungi penjual. Komunikasi melalui fitur cat khusus ini tentu akan meminimalisir resiko terjadi penipuan. Mulai dari menanyakan kondisi barang hingga Dil harga bisa dilakukan lewat fitur chat OLX. Dan anda jangan terlalu cepat untuk memberikan kontak pribadi. Karena memang fitur chat OLX dikhususkan untuk komunikasi antara pembeli dan penjual pada platform ini.

4. Lakukan COD

Bila kondisinya memungkinkan Anda bisa memilih transaksi paling aman yaitu melalui sistem cash on delivery. Dan pilih juga tempat COD di lokasi yang cukup ramai agar anda semakin merasa aman. Namun jika berbeda provinsi atau beda pulau, Anda terpaksa harus menggunakan ekspedisi. Tapi tetap melihat track record dari seller, apakah memiliki testimoni positif dari para pelanggan.

5. Cek Status Akun OLX Penjual

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah mengecek kebenaran dari akun OLX si penjual. Melakukan cross check apakah benar Akun tersebut sudah terverifikasi dengan benar. Ketahui pula berapa lama penjual tersebut sudah bergabung di OLX. Jika akun penjual belum terverifikasi dan Akun tersebut baru saja bergabung di OLX maka anda harus wajib waspada. Apalagi kepada akun-akun penjual yang baru bergabung tapi sudah melakukan iklan.

 

Cara Beli Barang dan Belanja Online Di OLX

Cara beli barang dan belanja  Online di OLX.co.id dewasa ini sangat mudah melalui beberapa langkah saja. Anda yang ingin mengetahui langkah demi langkah secara tepat maka harus membaca dengan teliti, seperti dibawah ini.

  • Untuk membeli barang di OLX tentu pertama sekali yang harus anda lakukan minimal punya aplikasi OLX yang bisa didownload melalui Google Play Store.
  • Lalu kemudian buat akun OLX anda. Daftar OLX sangat mudah bisa melalui akun Google, email dan juga Facebook. Jangan lupa mengatur lokasi sesuai daerah anda sekarang.
  • Tentunya juga harus memilih barang apa yang akan dibeli.
  • Tanyakan kepada penjual Bagaimana kondisi barang yang akan dibeli lewat fitur chat di OLX agar tetap aman dalam bertransaksi nantinya. Cara menghubungi penjual di OLX melalui fitur chat ini sangat bisa diandalkan.
  • Jika sudah deal maka anda tinggal melakukan pembayaran dan metode pengiriman barang.
  • Apabila alamat Anda dan seller cukup dekat maka bisa melakukan sistem COD. Namun jika jaraknya berbeda kota apa provinsi maka pilih pengiriman melalui ekspedisi terpercaya dan sudah ada di kota Anda.

 

Nah itu tadi cara beli barang dan belanja online di OLX.co.id dengan  yang mudah dan aman. Kunci dari membeli barang secara online adalah teliti sebelum bertransaksi.