Simak Cara Kerja Robot Trading Autopilot dan Kekurangannya

cara kerja robot trading autopilot

Robot trading autopilot atau expert advisor adalah sebuah sistem algoritma yang dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan trading. Cara kerja robot trading autopilot akan memudahkan trader ketika melakukan transaksi trading. Sebab robot akan bergerak sendiri untuk mencari peluang yang tepat.

Cara Kerja Robot Trading

Menggunakan robot trading autopilot adalah hal yang tepat bagi trader yang tidak memiliki banyak waktu. Sebab software ini akan bekerja 24 jam untuk memantau pergerakan pasar dan juga membuat keputusan untuk melakukan tindakan tertentu. Robot akan berjalan secara otomatis dan trader hanya perlu memantau saja.

Namun sebelum itu pastikan bahwa trader memilih robot trading yang tepat dan legal agar meminimalisir kerugian. Untuk itu salah satu software yang bisa digunakan adalah atg 5.0. Hanya dengan menginstal software tersebut ke perangkat maka robot akan bekerja secara otomatis. Untuk mengetahui lebih lengkapnya simak cara kerja robot trading autopilot berikut:

1. Menganalisis Pergerakan Pasar

Robot trading akan bekerja untuk menganalisis dan memantau pergerakan pasar. Mengingat bahwa perubahan harga dalam trading bergerak cukup fluktuatif maka bisa membuat trader menjadi gelisah dan juga kesulitan jika harus memantaunya secara manual. Oleh sebab itu robot trading autopilot ini akan melakukan pekerjaan tersebut secara otomatis.

2. Melakukan Pembelian dan Penjualan

Tak hanya menganalisis saja namun cara kerja robot trading autopilot juga akan mengeksekusi transaksi dalam trading yaitu dengan melakukan buy and sell. Dari hasil analisis yang dilakukan robot akan mencari peluang yang tepat untuk menentukan buy dan juga sell. Setelah itu trader dapat memantau dan mengambil keputusan dengan cara memerintahkan robot untuk mengeksekusi pembelian atau penjualan tersebut.

3. Mengelola Keamanan Dana

Selain mengurusi transaksi trading, robot trading juga akan menjaga keamanan dana. Hal ini tentunya akan sangat dibutuhkan. Sebab untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran data yang bisa menyebabkan trader menjadi rugi.

Kekurangan Robot Trading

Setelah mengetahui cara kerja dari robot trading tersebut, terlihat sangat praktis dan juga menggiurkan untuk dicoba. Namun dibalik itu software yang satu ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Untuk mengetahui lebih lengkapnya simak penjelasan berikut:

  • Rawan penipuan. Menggunakan robot trading juga rawan terhadap penipuan, sebab sekarang semakin marak muncul robot trading yang ilegal yang menawarkan iming-iming keuntungan besar. Oleh sebab itu berhati-hati dalam memilih robot trading yang tepat.
  • Butuh monitoring. Meskipun dikatakan bahwa robot trading dapat berjalan otomatis, namun nyatanya juga tetap membutuhkan pemantauan dari trader, jadi software ini tidak bisa berjalan dengan sendirinya.
  • Biaya mahal. Untuk menggunakan software yang satu ini juga membutuhkan biaya yang cukup mahal. Biaya tersebut digunakan untuk menyewa server virtual pribadi.

Itu tadi adalah cara kerja robot trading autopilot dalam membantu trader menjalankan aktivitas trading. Software yang satu ini memang memiliki banyak kelebihan yang tentunya bisa membantu trader. Namun pahami juga bahwa terdapat resiko dibaliknya, terutama jika trader menggunakan robot trading yang ilegal.