Cara Membuat Geco Khas Cianjur Beserta Resepnya

Cara Membuat Geco Khas Cianjur

Anda ingin menikmati menu makanan geco namun susah mendapatkannya? Geco adalah menu kuliner khas Cianjur. Jadi bagi Anda yang berada di luar kota, mungkin akan kesulitan untuk mendapatkannya. Maka dari itulah, Anda bisa menggunakan cara membuat geco sendiri di rumah.

Namun sebelum masuk ke pembahasan, Anda perlu tahu dulu apa itu geco dan seperti apa makanannya. Geco sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari bahan tauge atau kecambah dan juga tauco. Bagi masyarakat Sunda, sudah sangat umum menggunakan nama singkatan untuk bahan-bahan makanan.

Seperti halnya geco. Tauco adalah bumbu dapur khas Cianjur yang dibuat dari fermentasi kedelai. Jika mendengar kedua bahan dasar tersebut, geco memang terasa cukup familiar. Bukan hanya di Cianjur saja. Tetapi banyak pedagang geco yang juga ada di Jawa Barat maupun Jakarta.

Biasanya, Anda akan menjumpai para pedagang tersebut berkeliling kompleks. Namun tetap saja, geco khas Cianjur lah yang terkenal. Hal ini dikarenakan adanya tambahan tauco dan oncom di dalamnya. Untuk lebih jelasnya mengenai menu makanan geco, perhatikan informasi berikut.

Cara Membuat Geco – Racikan Istimewa Kedelai

Kuliner geco didominasi oleh bahan-bahan utama yang berasal dari racikan kedelai. Karena dalam pembuatannya menggunakan bahan kedelai untuk bumbu saus, tahu, kecap manis, serta bahan oncom.

Geco menggunakan oncom merah yang dibuat dari bahan bungkil tahu bagian protein, serta kecap manis dari bahan dasar kedelai hitam. Semua bahan ini benar-benar akan menciptakan perpaduan kuliner kedelai dengan bumbu yang lezat. Ditambahkan dengan toge, tentu akan membuat cita rasanya begitu istimewa.

Cita rasa ini didapatkan dari asamnya bumbu tauco yang sudah difermentasi khas Cianjur. Dipadukan pula dengan kecap manis yang gurih dan juga toge rebus. Cara membuat geco ini pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini bahan dan bumbu untuk resep cara membuat geco khas Cianjur.

 

  • Bahan – Bahan untuk Membuat Geco

6 buah ketupat dipotong-potong

250 gram tauge diseduh dengan air panas

6 buah tahu kuning goreng

150 gram mi kuning bulat

3 sdm bawang goreng

10 buah cabai rawit merah

 

  • Kuah Tauco

7 sdm tauco

1/2 oncom

3 siung bawang putih iris tipis

5 siung bawang merah iris tipis

2 lembar daun salam

2 cm lengkuas yang digeprek

2 sdm kecap manis

1/2 sdm garam atau secukupnya

1 sdt gula merah

1 liter air

1 sdt cuka

3 batang bawang daun diiris halus

2 sdm minyak untuk tumis

Cara Membuat Geco

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Panaskan minyak pada wajan hingga panas dan menggunakan api sedang
  3. Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, serta lengkuas hingga mengeluarkan aroma harum.
  4. Selanjutnya, masukkan bumbu tauco, oncom, kecap manis, serta air secukupnya. Tambahkan pula garam dan gula merah dan aduk hingga merata atau tercampur.
  5. Tunggu sampai mendidih dan matang, serta mulai mengental.
  6. Terakhir masukkan daun bawang dan cuka, lalu kembali aduk hingga merata.
  7. Cicipi rasanya. Jika dirasa sudah pas, matikan mati.
  8. Langkah selanjutnya adalah penyajian geco. Anda bisa menyusun bahan ketupat, taoge, mi, serta tahu pada piring. Siramkan kuah pelengkap tauco.
  9. Taburkan pula bawang goreng dengan potongan cabai rawit.
  10. Menu makanan geco sudah jadi dan bisa Anda siapkan. Resep ini untuk 6 porsi.

Tips tambahan yang perlu Anda perhatikan, yakni penggunaan tauco. Jika kurang menyukai tauco kanis, Anda bisa menggantinya dengan tauco asin. Produk ini bisa dengan mudah Anda jumpai di pasaran.

Membuat sendiri geco di rumah, tentu saja tak kalah nikmatnya dari yang dijual abang-abang kompleks. Dengan bahan-bahan yang cukup sederhana dan mudah diolah, geco buatan Anda pasti bakal menggoda lidah. Dan yang pasti, Anda bisa menikmatinya lebih dari satu porsi dengan harga yang murah.

Makanya, dari pada harus menunggu liburan untuk bisa ke Cianjur lebih baik Anda membuatnya di rumah. Ikutilah cara membuat geco di atas. Pastinya Anda tidak akan kesulitan dalam memahami informasi bahan dan cara pembuatannya. Informasi di atas tersaji cukup jelas agar memudahkan Anda dalam memasak.