Syarat dan Cara Mengirim Dokumen Surat di Kantor Pos Indonesia

Cara Mengirim Dokumen Surat di Kantor Pos Indonesia

Mengirim dokumen lewat pos adalah cara yang paling umum untuk dilakukan. Karena kantor pos biasanya buka setiap hari, jam layanan inilah yang menjadikannya lebih banyak dipilih. Ketahui terlebih dahulu syarat serta cara mengirim dokumen surat di kantor Pos Indonesia. Tujuannya agar dokumen yang dikirimkan tidak ditolak dan sampai dengan aman.

Ada beberapa alasan mengapa kantor pos Indonesia sering dipilih untuk mengirimkan dokumen atau surat. Pertama, karena pengelolaannya dilakukan oleh BUMN atau negara jadi keamanannya terjamin. Kedua ada banyak pilihan produk jasa pengiriman dokumen seperti Pos Express yang satu hari sampai atau kilat khusus estimasi dua hingga 4 hari pengiriman. Yuk cari tahu bagaimana cara mengirim dokumen melalui pos.

 

Syarat Mengirim Dokumen Surat di Kantor Pos Indonesia

Surat atau dokumen yang sudah dikirim nantinya bisa dilacak dengan mudah menggunakan resi yang diterima. Dengan begitu siapa saja pengirimnya bisa mengetahui keberadaan dokumen apabila tak kunjung sampai untuk melakukan komplain. Ditambah lagi, untuk berkas penting seperti sertifikat atau BPKB, pos Indonesia menawarkan asuransi dengan biaya tambahan.

Cara mengirim surat pribadi lewat pos atau dokumen kantor tidak sulit. Namun sebelum mengirimkan, kamu harus tahu syarat apa saja yang harus dipenuhi berikut ini:

1. Pernyataan isi harus benar

Pada saat mengirim, kamu harus mengisi formulir. Pastikan pada bagian isi barang kamu harus menuliskan sesuai dengan isi yang benar. Jika itu adalah dokumen penting seperti BPKB atau sertifikat maka tulis sesuai isinya. Karena dengan mengetahui isi, maka pihak pos akan menyarankan layanan pengiriman yang sesuai dan aman.

2. Berat dokumen

Karena pengirimannya adalah dokumen bukan paket maka berat maksimal yang diperbolehkan adalah 2 kg. Tarif akan menyesuaikan dengan berat dokumen pada saat ditimbang. Ukuran dokumen minimal 90 X 140 mm.

3. Menulis alamat dengan benar

Kiriman bisa saja tidak sampai atau kembali ke pengirim karena penulisan alamat yang tidak benar. Penulisan alamat ini sangat penting, apalagi jika hendak mengirim dokumen ke luar negeri. Cara penulisannya dimulai dari nama penerima, alamat berupa jalan, bangunan, kecamatan, kelurahan, kode pos, dan provinsi terakhir negara.

4. Packing yang rapi

Cara mengirim dokumen surat di kantor pos Indonesia harus memperhatikan pengemasan. Salah mengemas maka akan dokumen bisa saja rusak. Maka pos Indonesia mensyaratkan kemasan harus bisa melindungi bagian isi.

 

Cara Mengirim Dokumen Surat di Kantor Pos Indonesia dengan Mudah

Sedangkan untuk langkah-langkah pengiriman setelah dokumen dikemas dan ditulis sesuai dengan alamat yang tepat adalah sebagai berikut ini:

1. Mendatangi kantor pos terdekat

Dokumen yang sudah ditulis alamat dengan rapi, dikemas dengan amplop coklat dan ditambah kemasan plastik bisa dibawa ke kantor pos. Pilih kantor pos terdekat dan sebaiknya pagi hari karena biasanya pengiriman dilakukan di atas jam 12.

2. Memberikan identitas pengirim

Biasanya petugas akan meminta informasi mengenai identitas pengirim. Supaya mudah, kamu bisa memberikan KTP sebagai bukti dan input data. Jangan lupa juga untuk menuliskan identitas pengirim pada bagian belakang dokumen.

3. Mengisi formulir

Berbeda dengan jasa pengiriman lainnya, di kantor pos kamu harus mengisi formulir. Isinya adalah identitas pengirim, tujuan pengiriman hingga keterangan isi dokumennya. Isilah formulir ini dengan benar dan serahkan kembali kepada petugas.

4. Melakukan pembayaran

Jika petugas kantor pos sudah selesai dalam tahapan input data maka pengirim harus membayar sesuai dengan biaya yang telah ditetapkan. Pembayaran dilakukan dengan uang tunai. Biasanya untuk dokumen atau surat penting, petugas akan membebankan biaya asuransi sesuai jenis suratnya. Biaya pengiriman juga berbeda-beda sesuai jarak.

5. Mendapatkan resi

Setelah pembayaran diselesaikan, maka kamu akan mendapatkan resi beruba bukti tanda pembayaran telah lunas. Di sana juga tertera nomor resi yang bisa digunakan untuk pengecekan dokumen. Jika ingin melacak bisa dilakukan melalui posindonesia.co.id dan cek resi. Tinggal masukan nomor resi maka akan muncul hasilnya.

Cara mengirim dokumen surat di kantor pos Indonesia tergolong sangat murah dan juga mudah. Oleh karena itu ada begitu banyak yang menggunakan layanan pos Indonesia.