Cara Mengirim Paket Dokumen Surat Melalui JNE, Aman dan Pasti Sampai

Cara Mengirim Paket Dokumen Surat Melalui JNE

Sudah pada tahu kan bagaimana cara mengirim paket dokumen surat melalui JNE? Mengirim dokumen menjadi kegiatan rutin karena ada berbagai keperluan di mana dokumen tidak bisa dikirim melalui fax. Contohnya saja surat penting seperti STNK atau BPKB kendaraan. JNE menjadi salah satu jasa pengiriman dokumen yang bisa dipilih. Lalu bagaimana sih cara mengirim paket dokumen surat melalui JNE?

Keamanan menjadi salah satu alasan mengapa pemilihan kurir atau jasa pengiriman itu sangat penting. JNE telah berdiri sejak tahun 1990 dan kini menjadi salah satu jasa ekspedisi yang jaringannya luas serta terpercaya. Dengan cara pengiriman yang tepat, dokumen penting apapun pasti sampai dengan aman.

 

Layanan Pengiriman Dokumen Melalui JNE

Untungnya JNE memiliki empat jenis layanan berbeda yang bisa dipilih sebagai berikut:

1. JNE Super Speed

Merupakan layanan pengiriman dokumen super cepat yaitu 24 jam. JNE berani memberikan garansi khusus jika barang yang dikirimkan lebih dari 24 jam.

2. JNE Yes

Adalah singkatan dari Yakin Esok Sampai di mana layanan ini akan memastikan penyampaian keesokan harinya paling lambat tengah malam.

3. JNE Reguler

Layanan ini mengirimkan dokumen atau barang ke semua wilayah Indonesia dengan estimasi 1 hingga 7 hari tergantung dengan jauh dekatnya lokasi tujuan.

4. JNE Oke

Layanan dari JNE ini berasal dari singkatan Ongkos Kirim Ekonomis. Menjadi produk pengiriman yang memberikan tarif ekonomis dan estimasi pengiriman tentu lebih lama daripada JNE reguler.

Kamu bisa memilih salah satu dari keempat layanan yang disediakan oleh JNE tersebut.

 

5 Cara Mengirim Paket Dokumen Surat Melalui JNE

Sebagai konsumen yang berencana untuk memanfaatkan jasa pengiriman dokumen penting kamu harus tahu bagaimana cara mengirim yang benar. Perhatikan juga kebijakan dari masing-masing ekspedisi karena tidak semuanya mau menerima pengiriman dokumen penting.

Kemudian baru bisa mengikuti cara mengirim paket dokumen surat melalui JNE berikut ini.

1. Pastikan alamat penerima jelas

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah alamat tujuan atau penerimanya. Alamat ini harus lengkap karena salah penulisan mengakibatkan dokumen tidak akan sampai. Pastikan alamat yang tertera meliputi nama penerima, nama jalan, kelurahan dan kecamatan. Sertakan juga kota atau kabupaten dan provinsi

Terakhir adalah kode pos, jika semua alamat lengkap maka kurir yang mengantarkan bisa dengan cepat dan tepat mengantarkan dokumen.

2. Pengemasan dokumen

Jika ingin dokumen sampai dengan aman, pengemasan harus diperhatikan. Walaupun jasa pengiriman memberikan garansi, tetapi agar mengurangi risiko maka cara mengemas harus benar. Karena yang dikirim berupa dokumen, maka perlu dikemas dalam amplop coklat besar.

Ukuran amplop bisa menyesuaikan dengan bentuk dokumen yang ingin dikirim. Selain itu karena amplop terbuat dari kertas, sebaiknya tambahkan juga bungkus plastik agar kedap air. Walaupun nantinya pihak JNE biasanya juga menambahkan kemasan plastik pada dokumen.

3. Jangan lupa cek ongkir

Sebelum mengirim dokumen, kamu bisa mengecek ongkir terlebih dahulu. Supaya tidak kurang membawa uang pada saat hendak mengirim. Biaya ongkir ini biasanya disesuaikan dengan jauh dekatnya alamat atau tujuan pengiriman.

Cara cek tarif JNE bisa langsung melalui website jne.co.id. Pilih menu tarif kiriman kemudian masukan alamat pengirim dan penerima. Karena dokumen maka beban yang dihitung adalah satu kg. Kemudian klik tarif maka akan muncul daftar tarif.

4. Mengirim dokumen ke JNE terdekat

Untuk kirim surat JNE kamu bisa datangi kantor atau agen terdekat. Kemudian tanyakan soal estimasi waktu penerimaan, layanan pengiriman yang dipilih serta ongkir. Tanyakan juga apakah dokumen mendapatkan asuransi dan tambahan biaya untuk asuransinya.

Baru setelah itu kamu bisa membayar dan meminta resi pengiriman. Resi ini nantinya untuk melakukan pengecekan apabila dokumen tak kunjung sampai.

5. Menunggu barang diterima

Jangan lupa untuk meminta penerima memberikan kabar apabila dokumen sudah sampai. Karena jika belum kamu bisa melakukan cek resi JNE di websitenya langsung. Pilih menu lacak kiriman kemudian masukan nomor resi sesuai yang tertera.

Setelah itu klik tracking untuk mengetahui ke mana dokumen tersebut dikirim dan lokasinya. Dengan begitu kamu bisa mengajukan komplain apabila terjadi kesalahan pengiriman. Namun biasanya JNE melakukan pengiriman dengan tepat dan aman.

Dari kelima cara mengirim paket dokumen surat melalui JNE ini kamu bisa merasa aman. Karena dengan cara tepat maka dokumen pasti sampai.