Sunday 19th May 2024
Durbar Marg, Kathmandu

nrtoto – Siapa yang tidak pernah mengalami kejadian menyebalkan ketika file penting tiba-tiba terhapus dari komputer? Ini adalah masalah umum yang sering terjadi, tetapi jangan khawatir, Windows 11 memiliki beberapa cara yang mudah untuk mengembalikan file yang terhapus. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah sederhana untuk mengembalikan file yang telah hilang dari komputer Anda.

Langkah-langkah

  1. Menggunakan Recycle Bin

Langkah pertama yang harus Anda coba adalah memeriksa Recycle Bin. Recycle Bin adalah tempat penyimpanan sementara untuk file yang Anda hapus. Terkadang, kita secara tidak sengaja menghapus file dan lupa untuk memeriksa Recycle Bin sebelum panik. Berikut adalah cara untuk mengembalikan file dari Recycle Bin:

  • Buka Recycle Bin: Caranya sangat mudah, cukup cari ikon Recycle Bin di desktop Anda dan klik dua kali.
  • Cari File yang Dihapus: Di dalam Recycle Bin, Anda akan melihat daftar file yang telah dihapus. Cari file yang ingin Anda pulihkan.
  • Kembalikan File: Klik kanan pada file yang ingin Anda pulihkan, lalu pilih opsi “Kembalikan.” File tersebut akan dikembalikan ke lokasi asalnya sebelum dihapus.
  • Tidak ada yang lebih sederhana daripada ini! Recycle Bin adalah fitur bawaan Windows yang sangat membantu dalam mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja.

 

  1. Menggunakan Fitur Windows File History

Windows 11 dilengkapi dengan fitur File History yang memungkinkan Anda mengembalikan versi sebelumnya dari file atau folder. Fitur ini sangat berguna jika Anda telah membuat cadangan (backup) file Anda sebelumnya. Berikut adalah cara menggunakan File History:

  • Buka Pengaturan: Tekan tombol “Windows + I” bersama-sama untuk membuka Pengaturan Windows 11.
  • Pilih “Pembaruan & Keamanan”: Di dalam Pengaturan, pilih opsi “Pembaruan & Keamanan.”
  • Klik “Cadangan”: Di bagian kiri, Anda akan melihat opsi “Cadangan.” Klik pada itu.
  • Buka File History: Di bagian bawah halaman Cadangan, Anda akan menemukan opsi “Buka File History.” Klik pada itu.
  • Cari File yang Hilang: Anda akan melihat daftar file dan folder yang tersimpan dalam File History. Telusuri daftar ini untuk menemukan file yang hilang atau terhapus.
  • Pulihkan File: Setelah menemukan file yang ingin Anda pulihkan, klik kanan pada file tersebut dan pilih “Kembalikan.”
  • File tersebut akan dikembalikan ke lokasi asalnya atau Anda dapat memilih untuk menyimpannya di lokasi yang berbeda.

 

  1. Menggunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data

Jika Anda tidak memiliki cadangan file atau File History tidak aktif, Anda masih memiliki opsi lain untuk mengembalikan file yang terhapus. Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga. Ada banyak perangkat lunak yang tersedia yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus. Beberapa perangkat lunak populer termasuk Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan MiniTool Power Data Recovery. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan perangkat lunak pemulihan data:

  • Unduh dan Instal Perangkat Lunak: Pertama, unduh dan instal perangkat lunak pemulihan data yang Anda pilih. Pastikan untuk mendapatkan perangkat lunak dari sumber yang terpercaya.
  • Jalankan Perangkat Lunak: Setelah perangkat lunak terinstal, jalankan programnya.
  • Pilih Jenis Pemulihan: Perangkat lunak akan menawarkan berbagai jenis pemulihan, seperti pemulihan file terhapus, pemulihan partisi, dan lainnya. Pilih opsi “Pemulihan File Terhapus.”
  • Pilih Lokasi: Anda akan diminta untuk memilih lokasi tempat file tersebut terhapus. Pilih lokasi yang sesuai, misalnya, drive C: atau drive D:.
  • Pindai: Perangkat lunak akan melakukan pemindaian (scan) pada drive yang Anda pilih untuk mencari file yang terhapus. Proses ini mungkin memerlukan beberapa waktu tergantung pada ukuran drive dan jumlah file yang ada.
  • Lihat Hasil Pemindaian: Setelah pemindaian selesai, perangkat lunak akan menampilkan hasilnya dalam daftar file yang dapat Anda pulihkan. Telusuri daftar ini untuk menemukan file yang hilang.
  • Pulihkan File: Pilih file yang ingin Anda pulihkan, lalu ikuti petunjuk untuk mengembalikan file tersebut ke lokasi yang Anda inginkan.

 

Penutup

Kehilangan file yang penting bisa sangat menjengkelkan, tetapi dengan Windows 11, Anda memiliki berbagai cara untuk mengembalikannya. Mulai dari memeriksa Recycle Bin, menggunakan File History, hingga menggunakan perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga, Anda memiliki banyak pilihan untuk mengatasi masalah ini. Semoga bermanfaat!***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top