Ingin Melakukan Traveling ke Solo? Simak Keunikan Dari Kota Satu Ini!

Ingin Melakukan Traveling ke Solo? Simak Keunikan Dari Kota Satu Ini!

Dikarenakan padatnya ibukota Jakarta, banyak orang yang memutuskan untuk liburan ke kota lain. Salah satunya adalah kota Solo, yang jauh lebih renggang dan asri untuk sekedar refreshing. Sebelum mengunjungi kota ini, ada perlunya pembaca mengetahui hal menarik mengenai kota Solo.

Solo merupakan satu dari sekian kota di pulau Jawa yang sering dikunjungi para traveler. Selain keindahannya, lokasi kota ini juga cukup strategis dan dekat dengan kota seperti Yogyakarta. Hal ini yang membuat kota Solo menjadi salah satu destinasi travelling favorit.

Hal-Hal Menarik Mengenai Kota Solo

Kota solo terkenal dengan berbagai macam hal, namun jarang orang mengetahui bahwa kota solo memiliki nama lain. Nama lain dari kota Solo adalah Surakarta, yang memiliki slogan Berseri, yang berarti bersih dan asri. Berikut hal menarik mengenai kota Solo lainnya:

  • Dijuluki sebagai kota Batik, karena merupakan tempat lahirnya pelopor batik yaitu Go Tik Swan.
  • Dianggap sebagai kota dengan biaya termurah, sehingga cocok untuk travelers.
  • Kota yang dikenal melestarikan tradisinya, salah satu yang masih dijalankan adalah Kirab Pusaka Satu Suro.
  • Memiliki studio rekaman musik pertama di Indonesia, yaitu Lokanata.
  • Dikenal memiliki kereta uap legendaris yang dibuat pada tahun 1896, yaitu Kereta Kuno Sepur Kluthuk Jaladara.
  • Memiliki berbagai macam kuliner identik yang lezat.

Macam-Macam Destinasi Wisata Pada Kota Solo

Kota Solo tidak akan menjadi tempat wisata yang terkenal bila tidak memiliki tempat wisata yang menarik. Karena julukannya sebagai kota budaya, tentu saja kota Solo akan menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi travelers. Berikut beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi:

  • The Heritage Palace. Tempat bangunan bersejarah yang cocok sebagai wisata foto-foto.
  • Museum Batik Danar Hadi. Museum yang menyimpan berbagai macam koleksi batik di Indonesia.
  • Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton sekaligus museum yang menampilkan barang-barang peninggalan kerajaan.
  • Pasar Gede Harjonagoro. Pasar dengan gaya arsitektur Belanda dan Jawa.
  • Taman Balekambang. Taman alam yang dijadikan tempat rekreasi sekaligus edukasi.
  • The Lawu Park. Resort dengan nuansa hutan yang alami dan sejuk.

Jarak Yang Ditempuh Apabila Pergi dari Jakarta ke Solo

Apabila pembaca tertarik ingin melakukan travelling dari Jakarta menuju kota Solo, maka ada hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Dikarenakan pandemi yang kian membaik, traveler yang berasal dari Jakarta kini diperbolehkan untuk melewati jalan tol Trans Jawa.

Jalan besar ini didirikan untuk menghubungkan beberapa kota di antara Jakarta dan Surabaya, Solo salah satunya. Karena itu, traveler dapat menggunakan mobil untuk melakukan travel Jakarta Solo dan menggunakan jalur jalan tol ini.

Jarak yang ditempuh apabila menggunakan kendaraan mobil dari Jakarta ke Solo adalah 538,2 km. Waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan adalah sekitar 6 jam lebih dengan kecepatan yang standar. Karena itu, pastikan pembaca sudah melakukan persiapan yang cukup sebelum pergi.

Begitulah informasi mengenai Surakarta atau dikenal sebagai kota Solo. Sudah jelas jika Solo memang sering didatangi dari pendatang asal Jakarta. Jika pembaca membutuhkan sewa mobil untuk travelling, silahkan menghubungi jasa travel terpercaya.