10 Makanan Khas Cianjur Jawa Barat Paling Terkenal

Makanan Khas Cianjur Jawa Barat Paling Terkenal

Mendengar nama kota Cianjur, mungkin Anda akan langsung berpikiran mengenai sebuah kota wisata. Padahal Cianjur tidak hanya terkenal sebagai kota wisatanya saja. Tapi di sini juga kota yang menjadi surganya kuliner. Jadi Anda bisa sekaligus jalan-jalan atau liburan sambil menikmati menu makanan khas Cianjur Jawa barat.

Anda pun bisa membawa berbagai oleh-oleh kuliner untuk sanak saudara dan juga sahabat. Berbagai olahan kuliner bisa Anda nikmati di sini. Untuk menemukannya pun cukup mudah. Banyak diantaranya yang bisa Anda temukan di penjual pinggir-pinggir jalan. Mau tahu makanan khas apa saja yang bisa Anda jadikan pilihan kuliner? Ini dia daftar makanan khas Cianjur yang terkenal.

Makanan Khas Cianjur Jawa Barat untuk Pilihan Kuliner Anda

Dari sekian banyak makanan khas Cianjur, berikut ini beberapa yang terkenal dan wajib Anda coba.

1. Tauco

Hampir setiap orang pasti kenal atau bahkan pernah menjajal tauco. Namun masih menjadi pertanyaan, apakah tauco dikategorikan sebagai bumbu ataukah makanan. Bagaimanapun Anda menyebutnya, tapi makanan yang satu ini begitu menggoda lidah. Anda bisa menikmati tauco kering ataupun tauco basah, serta tauco rasa manis maupun asin.

Kedua jenis tauco ini dibedakan atas jumlah air dan gula yang dipakai ketika proses pembuatan. Nah, cara membuatnya sendiri bisa dibilang hampir mirip dengan proses pembuatan kecap. Hanya saja, tauco diambil dari biji kedelai yang sudah melalui tahap fermentasi terlebih dulu.

Hasil fermentasi inilah yang nantinya akan diolah lagi menjadi tambahan bumbu-bumbu. Secara garis besar, prosesnya adalah biji kedelai direbus, ditiriskan, ditambahkan ragi, kemudian fermentasi. Setelah tumbuh jamur, barulah tauco akan direndam di dalam larutan garam.

2. Geco

Makanan toge dan tauco atau yang lebih dikenal sebagai Geco juga makanan khas Cianjur Jawa barat. Geco dari toge atau kecambah kacang hijau yang dipadukan dengan tauco. Tauco sendiri merupakan hasil fermentasi dari biji kedelai dengan cita rasa gurih. Penyajiannya bukan hanya menggunakan dua bahan itu saja.

Tetapi disajikan pula dengan telur rebus, mi aci, kentang, serta ketupat. Sedangkan bumbu yang digunakan adalah sambal cabai rawit, kecap manis, dan cuka lahang dari fermentasi enau. Keunikan dari Geco ini adalah menggunakan tauco khas Cianjur yang dibungkus menggunakan karakas atau istilah lainnya daun pisang kering.

3. Kue Moci

Nama kue Moci pastinya sudah tidak asing lagi kita dengar. Kue yang satu ini berasal dari negeri matahari terbit alias Jepang dan mempunyai tekstur kenyal. Lantas mengapa makanan Jepang ini bisa masuk ke Indonesia?

Hal ini dikarenakan pada jaman dulu orang-orang Indonesia bekerja di dapur Jepang saat masa penjajahan. Tampilan kue Moci ini cenderung mirip dengan kudapan dango. Hanya saja, bahan yang digunakan oleh Moci berasal dari tepung beras.

4. Bubur Cianjur

Pernah mendengar sebutan kota Cianjur sebagai Kota Sejuta Bubur Ayam? Tentu saja sebutan ini bukan tanpa alasan. Saat mengunjungi kota kecil ini, Anda akan menjumpai banyak penjual bubur ayam. Menu ini juga menjadi kuliner khas yang bisa dijumpai hampir disetiap penjuru kota.

Olahan kuliner ini disajikan dengan aneka topping, seperti kerupuk berwarna-warni, taburan kacang tanah goreng, kecap asin, suwiran daging ayam, seledri, dan juga bawang goreng. Namun yang paling khas dari bubur Cianjur ini adalah tambahan pepes daun bawangnya.

Inilah ciri khas dari bubur Cianjur, ditambah dengan cita rasa gurih. Bahkan Anda pun bisa menemukan pepes yang sudah dipadukan dengan jeroan ayam, seperti usus, hati ayam, ampela, serta makanan kroket atau semacam lumpia goreng isi bihun.

5. Manisan Buah Cianjur

Berbeda dari menu kuliner sebelumnya, ada pula olahan segar berupa manisan buah. Menyantapnya dikala cuaca panas dan gerah tentu menjadi pilihan tepat. Anda bisa menyantapnya sebagai kudapan ringan ataupun oleh-oleh saat liburan ke Cianjur. Sesuai namanya, bahan yang digunakan adalah buah-buahan segar

Seperti halnya buah mangga, kedondong, ataupun nanas. Ada pula bahan sayur seperti bayam, terong hingga sawi dengan sedikit tambahan kuah yang berbumbu. Cita rasa yang ditawarkan tentu sudah jelas. Anda bisa menikmati olahan segar dengan rasa asam bercampur manis, serta pedas. Sangat menggugah selera bukan?

6. Laksa Cianjur

Hidangan kuliner yang satu ini mungkin baru pertama kali Anda dengar. Ya, Laksa Cianjur memiliki rasa yang enak dan juga mengundang selera. Tampilannya sekilas mirip seperti gulai. Sedangkan bahan dasar untuk pembuatannya adalah taoge, daun kemangi, oncom, serta bihun. Untuk kuahnya dibuat menggunakan santan kelapa.

7. Sate Maranggi

Sate maranggi ini juga menjadi makanan khas Cianjur yang sangat terkenal. Hal ini lantaran bumbu yang dipakai sangat sederhana, yakni berupa bumbu bacem. Tentu saja bumbu ini sangat unik dibandingkan sate pada umumnya. Nah, nantinya bumbu ini akan dioleskan pada daging sate sebelum dibakar supaya lebih meresap.

Ada satu hal lagi yang unik. Jika biasanya sate menggunakan daging ayam atau kambing, tidak demikian halnya dengan Sate Maranggi. Kuliner ini berbahan utama daging sapi yang  yang dibentuk layaknya sate kebanyakan.

8. Nasi Pepes

Selanjutnya, ada lagi makanan khas Cianjur Jawa barat yang bernama nasi pepes. Olahan kuliner ini memiliki citarasa yang gurih dan juga lezat serta dominan dengan adanya bumbu tambahan yang digunakan.

Bumbu tambahan tersebut adalah kaldu ayam yang gurih dengan aroma khas ayam dan daun kemangi.  Apalagi tekstur dari nasi pepes itu sendiri yang sangat lembut. Mengingat selama proses pembuatannya nasi diolah hingga dua kali.

9. Marici

Mendengar nama Marici, mungkin kita bakal merasa jika namanya begitu unik. Marici ini sebenarnya merupakan singkatan dari kata makanan riangan Cianjur. Menu khas yang satu ini punya cita rasa yang gurih dan bertekstur renyah.

Ada tiga bentuk olahan yang biasa dibuat sebagai marici, yakni putu mayang, rengginang, dan rangginang. Untuk pembuatan marici, olahan ini memakai bahan utama berupa tepung beras yang disajikan menyerupai mie kukus. Tertarik buat mencicipi makanan ringan Cianjur ini?

10. Manisan Buah

Mendengar tauco, pasti kita akan langsung fokus pada kota Cianjur. Kota ini begitu identik dengan rasa tauco yang khas dan berbeda dari daerah lain. Tapi kini, tauco tidak hanya hadir sebagai bumbu dapur saja.

Melainkan, Anda bisa menikmati olahan tauco dalam bentuk kue kering nan gurih dan lezat. Ya, namanya adalah tauco cookies. Jajanan ini punya rasa tauco yang khas dengan varian rasa coklat, kurma, pisang dan juga tauco rasa original.

Cara pembuatannya pun sama seperti kue kering pada umumnya, yakni berbahan dasar tepung terigu, gula bubuk, kuning telur, serta mentega. Namun sesuai namanya, cookies ini ditambahkan bahan tauco sebagai penambah rasa asin dan gurih, serta menambah kelezatan yang khas.

Berkunjung ke kota Cianjur, tentu Anda tak boleh melawatkan menu makanan khas di atas. Tak lengkap rasanya jika tanpa mencicipi makanan khas Cianjur Jawa barat tersebut. Pastikan Anda mencobanya.