Saturday 15th June 2024
Durbar Marg, Kathmandu

God of War merupakan salah satu game dengan plot yang penuh dengan mitologi dan legenda. Permainan yang dibuat oleh Santa Monica Studio ini menjadikan pemainnya merasakan kekuatan dari para dewa dan monster dalam mitologi Yunani. Tidak hanya menghadirkan pengalaman bermain yang seru, God of War juga dikenal mengandung banyak pengetahuan tentang mitologi yang mungkin belum dikenal oleh banyak orang. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang asal usul dan mitologi yang terkandung di dalam game God of War.

  1. Cerita God of War

Cerita God of War bermula dari perjalanan Kratos, seorang jenderal Yunani yang gagal melindungi keluarganya dan meminta bantuan dari para dewa. Namun, ia harus melewati banyak rintangan seperti mengalahkan banyak para dewa dan monster yang digambarkan dalam mitologi Yunani. Misi utama dalam permainan ini adalah untuk mengalahkan dewa perang yaitu Ares dan melakukan pembalasan pada Zeus dan para dewa di atas.

Baca Juga artikel di SV388

  1. Asal Usul Kratos

Kratos dilahirkan sebagai putra dari Zeus dan seorang manusia bernama Callisto. Ia digambarkan sebagai seorang jenderal yang tangguh namun sedikit kasar. Selama perjalanan di dalam game, Kratos sering dikisahkan dalam sebuah flashback yang membuka cerita tentang kehidupan masa mudanya, dan memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan pada pemain.

  1. Mitologi Yunani
  • Mitologi Yunani adalah kumpulan cerita dan legenda yang bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang asal mula dunia dan tindakan para dewa.
  • Dalam mitologi Yunani, terdapat banyak sekali dewa seperti Zeus, Poseidon, Hades, dan banyak lainnya yang memiliki ciri khas dan kekuatannya masing-masing.
  • Monster-monster seperti Medusa, Minotaur, dan Cerberus juga sangat terkenal dan menjadi bagian essensial dari mitologi Yunani.
  1. Dewa-dewa dalam God of War
  • Zeus

o  Zeus adalah dewa utama dalam mitologi Yunani; ia adalah dewa petir dan langit, serta merupakan rajanya para dewa di Olympus.

o  Di dalam God of War, Zeus digambarkan sebagai seorang dewa yang sangat angkuh dan mencoba untuk menghalangi Kratos untuk mencapai tujuannya. Ia juga memiliki karakter yang sangat licik dan dendam.

  • Hades

o  Hades adalah dewa dunia bawah dalam mitologi Yunani; ia adalah kakak Zeus dan Poseidon.

o  Di dalam God of War, Hades adalah salah satu bos yang harus dilawan oleh Kratos; ia digambarkan sebagai seorang dewa yang sangat kejam dan bengis.

  • Posiedon

o  Posiedon adalah dewa laut dalam mitologi Yunani; ia adalah kakak Zeus dan Hades.

o  Dalam God of War III, Kratos harus melawan Posiedon dan mengambil tridentnya sebagai senjata tambahan.

  1. Ares sebagai Musuh Utama

Ares adalah dewa perang dan musuh utama dalam God of War. Dalam game ini, Ares dipandang sebagai simbol kegilaan dan kekerasan; ia juga dianggap sebagai ‘penyebab masalah’. Ketika Kratos meminta bantuan pada para dewa, Ares-lah yang menolongnya namun dengan syarat bahwa Kratos harus tunduk pada kehendaknya. Kratos senantiasa membenci Ares, yang berawal dari gagal menyelamatkan keluarganya.

  1. Kekuatan Kratos
  • Di dalam game, Kratos diberikan banyak kekuatan terkait dengan mitologi Yunani, seperti kekuatan Petir dan Sangat berani yang ditanamkan oleh dewa seperti Zeus dan Athena.
  • Beberapa senjata dan kekuatan yang dimiliki Kratos dalam permainan ini, seperti Blade of Chaos, Blades of Athena, dan juga Golden Fleece, memiliki asal usul dalam mitologi Yunani.
  • Kratos juga memiliki kemampuan untuk membunuh dewa, seperti dijelaskan dalam mitologi Yunani. Hal ini dicerminkan melalui banyak musuh bos serta tingkatan permainan yang memerlukan pemain untuk mengalahkan para dewa, bahkan Thunderbolt-nya sendiri.
  1. Olympus

Olympus adalah rumah para dewa dan merupakan tempat yang penting dalam mitologi Yunani. Di game God of War, Olympus dipandang sebagai simbol kekuatan dan keangkuhan, serta menjadi tujuan utama dari Kratos untuk melawan dewa-dewa.

  1. Monster dalam God of War
  • Monster adalah bagian integral dari mitologi Yunani, dan juga dalam God of War.
  • Seperti dijelaskan sebelumnya, beberapa monster seperti Medusa dan Minotaur juga menjadi musuh boss dalam game ini, dan memerlukan taktik khusus untuk mengalahkannya.
  • Tak hanya monster, namun juga makhluk-makhluk seperti Cyclops dan Satyr menjadi musuh yang menghadangi Kratos.
  1. Kesimpulan Mitologi Yunani dalam God of War
  • God of War menggambarkan dan menjelaskan mitologi Yunani dengan sangat baik, dan menghadirkan plot yang menarik dan seru. Permainan ini memadukan legenda dengan fiksi di dalam satu cerita yang sangat mencengangkan bagi para pemain.
  • Kecakapan Kratos yang mendekati para dewa dalam mitologi Yunani, ditambah dengan kemampuannya yang tangguh, juga menunjukkan bahwa ia tidak hanya seorang karakter fiksi dalam game ini, namun memiliki koneksi dengan mitologi Yunani secara riil.
  • Di samping itu, God of War juga mampu memberikan informasi yang lebih dalam tentang mitologi Yunani, serta memperkenalkan banyak dewa, monster, dan cerita yang kaya di dalamnya.
  1. Perubahan Mitologi dalam God of War
  • Meskipun God of War memiliki keluhan dalam pengambangan akurasi mitologi, namun game ini tetap menjadi salah satu game yang paling populer sepanjang masa.
  • Banyak detail yang berbeda pula ditemukan dalam God of War, seperti tampaknya melanggar hukum mitologi Yunani, seperti Desastres sebagai kuda kratos yang bukan kuda Pegasus. Hal ini diberikan dalam plot novel God of War 2.
  • Namun, meskipun terjadi banyak perubahan, God of War tetap diakui sebagai salah satu game yang menyuguhkan interpretasi mitologi Yunani yang menarik dan mengasyikkan.
  1. Mitologi dalam God of War III

Dalam God of War III, Kratos memasuki Olympus dan melawan banyak dewa Yunani, termasuk Zeus. Dalam game ini pemain juga diperkenalkan dengan dewa baru, seperti Kronos dan Helios. Ada juga banyak fitur baru yang disertakan, seperti kemampuan menggunakan senjata dan kekuatan baru.

  1. Dewa-dewa baru dalam God of War III
  • Kronos

o  Kronos digambarkan sebagai orang yang bertanggung jawab atas penculikan mistis dari istri Zeus.

o  Ia muncul di God of War III, tidak dapat dikalahkan oleh Kratos, tetapi harus dipukul menggunakan taktik tertentu, ketika Kronos menempatkan tangannya pada suatu bangunan. Setelah dikalahkan, Kratos menerima kekuatan Unggul atas Kronos.

  • Helios

o  Helios adalah dewa matahari dalam mitologi Yunani.

o  Dalam God of War III, Kratos harus melawan Helios dan mengambil matahari yang telah diberikan oleh dewa yang cacat tersebut. Setelah berhasil membunuhnya, Kratos menggunakan kepala Helios untuk menemukan lekuk di wall pada rangka Zeus.

  • Hermes

o  Hermes adalah dewa perjalanan dan pelancong dalam mitologi Yunani.

o  Dalam God of War III, Kratos membunuh Hermes dan mengambil cakranya. Setelah itu Kratos menemukan jalan keluar di tiga puluh ribu kaki di dalam pertempuran yang dramatis.

  1. Ketenaran God of War

Sejak pertama di rilis pada tahun 2005, God of War sudah mendapat banyak pujian dari berbagai kalangan dan hampir tidak ada yang mempermasalahkan keakurasian mitologi dalam game ini mengingat fitur dan permainan lainnya yang disuguhkan. God of War III yang rilis pada tahun 2010 sangat laris di pasaran.

  1. Pengaruh God of War pada Perkembangan Industri Game
  • God of War dalam banyak kasus menjadi titik balik dalam permainan aksi petualangan yang berkualitas.
  • Game ini memukau para pemain dan menjadikan pengalaman bermain seperti tidak ada yang lain. Mulai dari cerita yang menarik, presentasi grafik yang canggih hingga perpaduan gameplay dan elemen mitologis yang seamless.
  1. Interpretasi Mitologi Lama dalam God of War

Ketika game ini dirilis, banyak kritikus menilai game ini menyiarkan interpretasi mitologi Yunani yang lama; yang dimaksud adalah penggambaran homoseksualitas dan kekerasan. Namun demikian, God of War tetap terus menemukan basis penggemar dan menjadi game aksi unggulan yang akan terus disukai para pemain.

  1. Keterbatasan dalam Presentasi Mitologi

Bagaimanapun juga, God of War memiliki banyak keterbatasan dalam penggambaran mitologi seperti beberapa fakta mitologi Yunani yang diubah, ditanggalkan atau menyehatkan terutama di sana-sana dengan ide developer mengenai apa yang kulitmad di dalam game (seperti yang disebutkan di artikel ini). Tetap saja, game ini memperkenalkan mitologi kepada banyak pemain, yang kemudian meneruskan pengetahuan ini pada orang lain, meski ada ketidakakuratan mengenai faktanya.

  1. Budaya Populer

God of War tidak hanya menjadi game yang populer, tetapi juga memengaruhi budaya populer. Sejak pada tahun 2005 ketika game ini dirilis, Kratos menjadi salah satu karakter game terbaik dan menjadi ikonik di dunia game.

  1. Ilustrasi Soundtrack dan Seni Kapak Asli untuk God of War
  • God of War memiliki beberapa ilustrasi dan soundtrack yang sangat menarik dan membuat permainan menjadi semakin asyik.
  • Ikon Kratos dengan pakaian putih dan merah serta wajah merah dengan yang mengubah menjadi warna yang menakjubkan ketika menyerang memberikan kesan lain pada game ini.
  • Salah satu senjata ikonik dalam game ini adalah diakui kapak beserta rantai yang digunakan untuk membunuh banyak monster. Perpaduan dari keganasan yang gelap dan gaya kapak memberikan perasaan yang mendalam dan mengisi suasana game.
  1. Tata Bahasa dan Pronounciation Mitologi

Penampilan luar biasa lain yang dapat ditemukan ketika memainkan God of War adalah pengucapan tata bahasa dan mitologi yunani yang baik, serta pengucapan yang cenderung benar.

  1. Kesimpulan

Game God of War merupakan sejarah yang masuk dalam dunia game dan saat memainkan game ini, pemain merasakan eksplorasi dan sensasi pengalaman yang mendalam dari kesenangan dan memiliki pemahaman yang lebih besar tentang karakter legendaris dan mitologi Yunani.

Ringkasan

Mitologi dan fiksi menjadi interaksi secara harmonis dan seiringan dengan sukses dalam Game God of War. Dalam game ini, pemain merasakan kekuatan dan pengaruh legendaris, menghadapi monster yang kuat dan bos yang menegangkan, serta mengamati interpretasi hidup ulang dari mitologi Yunani melalui mata Kratos. God of War menawarkan pengalaman yang sangat indah dan cukup mendalam, yang tidak dapat dilupakan oleh penggemar game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top