Mengenal Buku Referensi oleh Mustika Pustaka Negeri

Pada saat perkuliahan di kelas dosen selalu memberikan beberapa contoh buku referensi untuk menjadi bahan pembelajaran di luar kelas. Pelajar bisa menemukannya secara mudah di Mustika Pustaka Negeri. Mari mengenal buku referensi lebih dalam lagi dalam pembahasan berikut ini:

Apa yang Dimaksud Buku Referensi

Buku referensi banyak orang juga menyebutnya sebagai buku rujukan yang memuat banyak informasi singkat dan padat tentang apa yang dibutuhkan pengguna buku. Jenis buku ini bukan untuk dibaca seluruhnya seperti publikasi penelitian.

Biasanya buku ini dilengkapi dengan beberapa indeksi yang disusun alfabetis. Tujuan indeks ini dilakukan agar pembaca bisa menemukan data yang diinginkan dengan mudah. Selain itu, buku referensi jumlahnya tidak terlalu banyak, sehingga koleksi ini di perpustakaan jarang bisa dibawa pulang ke rumah.

Keterbatasan buku referensi ini belum bisa diatasi meski kemajuan teknologi sudah cukup pesat. Kebutuhan akan buku referensi yang bermutu ini masih sulit didapatkan oleh mahasiswa karena keterbatasan tadi. Jika ada buku referensi yang tersedia pun harganya cukup mahal.

Padahal peran dari buku yang bermutu ini sangat membantu mahasiswa dalam mendalami ilmu perkuliahannya. Buku referensi tidak sekedar jadi sumber belajar namun menjadi pedoman dan arahan mahasiswa untuk menguasai materi bidang perkuliahannya.

Jenis-Jenis Buku Referensi

Ada beberapa jenis buku yang termasuk kedalam golongan buku referensi. Beberapa contohnya akan disebutkan dalam penjelasan berikut ini:

1. Ensiklopedia

Buku ini merupakan buku yang berisi banyak sumber pengetahuan. Ensiklopedia terbagi dalam dua jenis ada yang berjenis khusus ada juga yang berjenis umum. Untuk edisi khusus biasanya lebih berfokus pada satu objek atau bidang saja. Sedangkan untuk ensiklopedia umum mencakup banyak pembahasan.

2. Kamus

Isi dari kamus tentu saja isi dari banyak kata untuk sebuah bahasa yang benar. Selain itu untuk tiap katanya disebutkan arti yang besar serta cara pengucapan. Selain kamus bahasa, ada juga kamus yang berisikan tentang suatu konsep, orang, sampai tempat yang dibahas secara khusus.

3. Almanak

Almanak merupakan sebuah buku rujukan yang diisi oleh banyak fakta serta topik. Buku ini selalu terbit setiap tahunnya. Isi informasinya tabular dengan berisikan beberapa topik dan rangkaian peristiwa yang dijabarkan dengan ringkas sesuai kelompok pembacanya.

4. Bibliografi

Bibliografi juga masuk kedalam kategori buku referensi. Buku yang sering ditemukan di Mustika Pustaka Negeri ini dikategorikan berdasarkan artinya. Lingkupannya yaitu mencakup banyak buku yang terbit di wilayah tertentu dan ditulis dengan bahasa tertentu. 

Tujuan dari pembuatan bibliografi adalah untuk mendaftarkan hasil karya terbitan agar mudah dikenali. Setelah didaftarkan, barulah bisa dimanfaatkan untuk mengenal sebagai sarana pengawasan agar tidak terjadi duplikasi atau penyalahan hak cipta.

Nah itulah sedikit informasi untuk lebih mengenal buku referensi. Buku referensi banyak yang menerbitkannya dan salah satu contohnya adalah dari Mustika Pustaka Negeri yang baik dalam menerbitkan buku.