Saturday 15th June 2024
Durbar Marg, Kathmandu

Penyebab Dan Ciri – Ciri Motherboard Laptop Rusak – Kerusakan pada motherboard laptop merupakan salah satu hal yang cukup fatal jika terjadi pada laptop anda. Motherboard bisa dikatakan sebagai otak dari sebuah laptop. Maka dari itu jika motherboard rusak, tentunya laptop anda tidak bisa berjalan maksimal seperti biasanya.

Untuk itu, Anda juga perlu mengetahui dan memahami beberapa hal yang dapat menyebabkan Motherboard Laptop Rusak. Serta apa saja ciri-ciri yang terjadi saat motherboard mengalami kerusakan, agar Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan tidak memperparah kerusakan. Berikut beberapa informasi yang bisa Anda jadikan referensi. Dikutip dari Mahjong Ways 2

Penyebab Motherboard Laptop Rusak

Ada Kerusakan Pada Bagian IC

Jika terjadi gangguan pada bagian IC, misalnya terjadi korsleting atau terbakar dan lain-lain. Maka itu juga akan berpengaruh pada kerusakan motherboard laptop anda. Maka dari itu anda harus berhati-hati menjaga suhu laptop anda agar tidak terjadi kerusakan pada bagian IC yang dapat menyebabkan motherboard rusak.

Catu Daya Tidak Stabil

Jika tegangan listrik tidak stabil, maka ini juga bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya motherboard laptop anda. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan power supply yang berkualitas baik, membeli baterai original bagi pengguna laptop, dan menggunakan volt stabilizer agar voltase stabil dan tidak fluktuatif.

Ada Kotoran Yang Lebih Panjang

Semakin lama Anda menggunakan laptop, tentunya juga akan mempengaruhi kebersihan laptop tersebut. Maka dari itu anda dapat membersihkan laptop anda agar tidak ada debu atau kotoran yang menumpuk yang dapat merusak komponen laptop salah satunya adalah motherboard.

Ciri-Ciri Motherboard Laptop Rusak

Laptop Cepat Panas

Motherboard adalah komponen yang memiliki sensor untuk mendeteksi suhu perangkat laptop Anda. Jadi jika motherboard rusak, tentunya laptop anda cepat panas karena cooling pad bekerja tanpa mengatur suhu pada motherboard anda.

Kipas Di CPU Tidak Berfungsi

Kemudian ciri selanjutnya adalah jika terjadi kerusakan pada motherboard yaitu CPU dan kipas processor tidak bisa bekerja. Hal ini terjadi karena motherboard tidak dapat mengalirkan listrik ke kipas, sehingga kipas tidak dapat menyala.

Laptop Sering Crash

Jika laptop anda sering crash atau freeze secara tiba-tiba dan tanpa sebab, bisa jadi ini pertanda ada kerusakan pada motherboard.

Demikian ulasan tentang Penyebab Dan Ciri – Ciri Motherboard Laptop Rusak, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top