Penyebab Surat Lamaran Kerja Tidak Ditanggapi Ini Seringnya Diabaikan

Penyebab Surat Lamaran Kerja Tidak Ditanggapi Ini Seringnya Diabaikan

Setelah lulus kuliah tentu tujuan utamanya adalah mencari pekerjaan ataupun mendirikan usaha sendiri. Bagi orang yang sedang mendaftar pekerjaan tentu membutuhkan surat lamaran. Ternyata dalam membuat surat ini tidak mudah karena sering ditolak. Penyebab surat lamaran kerja tidak ditanggapi atau ditolak pun banyak sekali. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Tidak Mengisi Subjek Email

Pelamar kerja yang mengirimkan surat lamaran kerja melalui Email harus mengecek secara rinci terlebih dahulu kelengkapan berkas yang akan dikirim. Pastikan bahwa persyaratan berkas tersebut sudah sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan. Jangan lupa pula untuk mengecek bagian subjek ketika akan mengirimkan persyaratan tersebut.

Subjek email mungkin akan terlihat sepele, namun tentu saja ini merupakan salah satu komponen yang penting karena dilihat pertama kali oleh orang yang menyeleksi pekerja. Isikan subjek sesuai dengan isi dari apa yang dikirim sehingga akan mudah dikenali maksud dari pelamar kerja mengirim persyaratan tersebut.

2. Melamar Banyak Posisi Pada Satu Tempat Yang Sama

Hal yang sering dilakukan oleh orang yang baru lulus kuliah adalah terlalu bersemangat untuk melamar banyak posisi di satu perusahaan. Tentu saja hal tersebut sangat tidak diperkenankan karena menandakan bahwa pelamar kerja seperti kehilangan arah dan tidak tahu tujuan. Fokuslah pada satu posisi saja yang paling sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Meskipun terlalu bersemangat untuk melamar kerjaan, namun HRD akan menilai buruk jika ada banyak posisi yang dilamar. Apabila ingin melamar beberapa pekerjaan, pastikan bahwa tujuan dari perusahaannya berbeda sehingga tidak diketahui bahwa pelamar kerja sedang membidik banyak kerjaan. contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar  Tunjukkanlah keahlian yang dimiliki pada surat lamarannya agar lebih meyakinkan.

3. Bahasa Terlalu Santai

Penyebab surat lamaran kerja tidak ditanggapi selanjutnya adalah penggunaan bahasa yang kurang tepat. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa bahasa surat sangatlah resmi sehingga tidak boleh menggunakan bahasa yang santai karena terlihat tidak sopan. Cobalah mencari tahu panduan PUEBI agar lebih bisa menata bahasa sesuai dengan kaidah yang dibenarkan di negara ini.

4. Alamat Email Tidak Profesional

Bagi orang yang sedikit alay biasanya akan membuat email dengan tulisan yang tidak profesional sehingga akan mencoreng citra baik diri sendiri. Hal ini tidak diperkenankan ketika melamar kerja dengan cara mengirim email. Silahkan ganti terlebih dahulu nama emailnya dengan nama asli dari pekerja agar terlihat sopan dan juga elegan. Cara ini terbukti efektif agar dipertimbangkan ketika melamar kerja.

Itulah beberapa penyebab surat lamaran kerja tidak ditanggapi yang seringnya diabaikan oleh pelamar kerja. Mulai saat ini penyebab tersebut harus dipelajari dan diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan yang kedua kalinya. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diterima pekerjaan tertentu asalkan memperhatikan persyaratannya dengan baik.