Tak Hanya Menguras Paket Data, Berikut 5 Tanda Akun WhatsApp Disadap

Tanda Akun WhatsApp Disadap

Kejahatan yang dilakukan dengan teknologi komputer atau yang akrab dikenal dengan istilah cyber crime saat ini semakin banyak terjadi. Tindakan ini tentu sangat mengganggu dan merugikan banyak pihak salah satunya adalah pemilik akun itu sendiri.

Salah satu yang perlu untuk selalu diwaspadai adalah keamanan privasi akun WhatsApp yang merupakan aplikasi paling banyak digunakan. Berikut kenali beberapa tanda akun WhatsApp di sadap.

Seperti diketahui, saat ini sudah banyak beredar aplikasi sadap whatsapp yang mengancam privasi para penggunanya.

5 Tanda Akun WA Di Sadap

1. WhatsApp Sering Log Out Secara Tiba-Tiba Dengan Sendirinya

Banyak orang yang menyepelekan dan membiarkannya begitu saja ketika mengetahui akun WhatsAppnya tiba-tiba log out sendiri. Akun WA ter logout dengan sendirinya itu bukan merupakan sesuatu yang terjadi tanpa alasan, melainkan pasti terjadi sesuatu. Jika anda mengalami hal demikian maka waspadalah karena itu menjadi tanda bahwa akun WhatsApp sedang disadap.

Hal itu dapat menyebabkan anda tidak bisa log in kembali pada akun WA tersebut. Jadi jika anda mengalami kejadian tersebut maka segera pastikan apakah akun WA tersadap atau tidak dengan cara melihat di menu pengaturan pada aplikasi WA dan klik menu keamanan yang nantinya didalamnya terdapat beberapa pilihan. Kemudian bisa ajukan keluhan sesuai dengan keadaan yang anda alami. Jika sudah maka pihak WA akan menindak lanjuti laporan tersebut.

2. Chat Auto Terbaca

Tanda akun WhatsApp di sadap selanjutnya adalah chat yang masuk ke akun anda tiba-tiba terbaca meskipun belum dibuka. Jika anda mengalami hal tersebut maka bisa jadi ada pihak lain yang juga mengendalikan akun WhatsApp anda. Coba diingat kembali, dimana saja anda pernah login WhatsApp. Karena bisa jadi dari situlah orang lain dapat mengendalikan akun WA anda.

3. Terdengar Suara Berisik Saat Melakukan Panggilan Telepon

Suara berisik yang muncul saat melakukan panggilan telepon menandakan bahwa akun WhatsApp anda sedang disadap oleh seseorang. Hal ini sangat jarang terjadi, namun meski begitu tanda ini juga menjadi tanda bahwa akun WA anda sedang disadap. Kondisi ini terjadi karena ada seseorang yang mengawasi dengan menggunakan aplikasi atau alat khusus yang digunakan untuk menyadap WA anda. Kondisi ini menjadi tanda akun WhatsApp di sadap.

4. Muncul Pesan Aneh Dan Mencurigakan Berupa Angka Atau Kode

Tanda lain yang menunjukkan bahwa akun WA anda disadap  adalah adanya pesan aneh atau mencurigakan yang berupa angka atau kode. Pesan aneh ini berasal dari fitur remote control yang terdapat pada software orang yang menyadap akun anda. Maka jika anda menemukan hal aneh ini, disarankan untuk melakukan factory riset atau mengembalikan ke setelan awal. Akan tetapi jangan lupa back up atau memindahkan data penting anda terlebih dahulu. Jika semua data sudah terbackup maka anda bisa langsung membersihkan semua isi data ponsel anda untuk menghindari hal tersebut.

5. Terdapat History Login Di Menu WhatsApp Web

Cara untuk memastikan bahwa akun WhatsApp anda disadap atau tidak adalah dengan mengecek menu WhatsApp Web yang terdapat dalam aplikasi WhatsApp tersebut. Hal ini bisa memastikan apakah ada perangkat lain yang aktif dengan akun anda atau tidak. Anda juga akan mendapatkan notifikasi jika WhatsApp Web sedang aktif pada perangkat apa dan jam berapa digunakan.

Untuk cara mengeceknya sangat mudah yaitu anda hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp kemudian klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas. setelah itu pilih menu WhatsApp Web, lalu akan muncul informasi apakah ada perangkat lain yang mengakses akun anda atau tidak. Jika terdapat riwayat penggunaan yang bukan dari tindakan anda maka hal ini jelas menjadi tanda akun WhatsApp di sadap. Anda bisa klik log out from all computer untuk mengeluarkannya.

Itulah beberapa tanda bahwa akun WhatsApp anda sedang disadap oleh seseorang. Jika anda mengalami beberapa tanda yang telah disebutkan diatas maka segera lakukan peningkatan sistem keamanan yang dimiliki oleh WhatsApp. Karena dengan demikian kerahasiaan isi dari akun anda tetap terjaga dari orang-orang yang memiliki niat tidak baik dengan melibatkan anda.

Sumber: https://www.harapanrakyat.com/