5 Usaha Jangka Panjang di Desa yang Menjanjikan

Usaha Jangka Panjang di Desa yang Menjanjikan

Hidup di desa bukan berarti tidak memiliki kesempatan untuk bisa membuka usaha dan sukses. Ada banyak sekali orang yang justru bisa menjadi seseorang yang sukses karena mampu memanfaatkan potensi yang ada di desa. Jika Anda saat ini sedang bingung untuk membuka usaha jangka panjang di desa maka di sini ada beberapa inspirasi usaha yang bisa Anda lakukan.

5 Usaha Jangka Panjang di Desa yang Bisa Dicoba

Sebelum memulai untuk membuka usaha jangka panjang di desa penting sekali untuk memahami strategi bisnis yang tepat. Anda juga perlu untuk mengetahui tentang potensi serta prospek usaha yang bisa dilakukan di desa. Bagi Anda yang hidup di desa memang sebaiknya membuka usaha seperti menghasilkan produk untuk kemudian dijual di perkotaan. Berikut ini beberapa pilihan usaha menarik yang bisa sangat menguntungkan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh:

1. Usaha Ternak Ayam

Pilihan usaha jangka panjang di desa yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah ternak ayam. Bagi yang tinggal di kampung memang ternak ayam adalah sesuatu yang sangat mudah apalagi jika Anda memiliki lahan di sekeliling rumah.

Manfaatkan lahan yang ada sebagai tempat untuk menurunkan ayam kampung. Jika memiliki ayam kampung yang banyak, nantinya bisa disetorkan ke rumah makan atau kepada penjual daging ayam di pasar.

Usaha ini apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh nantinya bisa mengantarkan Anda kepada kesuksesan.

2. Usaha Ternak Kambing

Jenis usaha selanjutnya yang juga sangat cocok apabila dikembangkan di desa adalah karena kambing. Jika di desa terdapat lahan yang cukup luas dan di sana juga banyak terdapat rerumputan hijau yang subur, maka usaha ini bisa menjadi pilihan.

Ternak kambing membutuhkan keseriusan dan ketelatenan karena apabila perawatannya tidak serius justru bisa mengalami kerugian. Penting sekali bagi setiap pengusaha untuk memperkaya diri dengan pengetahuan agar usaha bisa berjalan dengan lancar.

3. Budidaya Ikan

Pilihan usaha jangka panjang berikutnya yaitu budidaya ikan. Usaha seperti ini sangat menarik apalagi jika Anda tinggal di wilayah yang terdapat air cukup melimpah. Misalnya saja Anda tinggal di pinggir selokan atau sungai maka membudidayakan ikan bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Jenis ikan yang di budidaya sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Jika ternyata Anda tinggal di wilayah dengan air yang tidak mengalir maka bisa memilih budidaya ikan lele. Jenis ikan ini banyak dipilih untuk dibudidayakan karena tergolong mudah dan tidak perlu perawatan yang ribet.

4. Budidaya Jamur

Pilihan usaha berikutnya yang juga bisa Anda coba adalah budidaya jamur. Membudidayakan jamur tidak membutuhkan modal yang terlalu besar asalkan Anda mengetahui teknik yang tepat.

Jenis jamur yang paling mudah dibudidayakan dan kini sedang tren menjadi usaha masyarakat di desa adalah jamur tiram. Jenis jamur ini membutuhkan media seperti bekatul yang di racik kemudian dibungkus plastik, atau bahkan bisa juga menggunakan serbuk kayu. Satu media bisa menghasilkan banyak jamur dan bahkan bisa dipanen dalam jangka cukup panjang.

5. Menanam Sayur Mayur

Bagi yang tinggal di pegunungan, usaha jangka panjang yang bisa dicoba adalah menanam sayur mayur. Suhu dingin di pegunungan sangat cocok untuk para pengusaha atau petani sayuran. Nantinya sayur-mayur tersebut bisa dijual di perkotaan sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Ketika Anda ingin memulai sebuah usaha memang penting untuk memastikan jika lokasi atau tempat tinggal Anda memang sesuai untuk membuka usaha tersebut. Jangan sampai Anda membuka usaha tanpa melakukan pertimbangan yang tepat.

Kunci kesuksesan dalam menjalani usaha adalah pada ketekunan dan juga keseriusan dalam usaha. Apapun jenis usaha apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh tentu akan memberikan hasil yang juga tidak mengecewakan.

Banyak dari masyarakat yang merasa malu untuk membuka usaha di desa karena dianggap kurang menjanjikan. Padahal jika mampu mengembangkan usaha maka itu artinya ikut mengembangkan desa.

Demikianlah informasi tentang beberapa pilihan usaha jangka panjang di desa yang bisa Anda lakukan. Pilihlah salah satu jenis usaha yang telah disebutkan di atas sebagai inspirasi. Akan tetapi jika Anda memiliki pandangan usaha sendiri maka tinggal mempraktekkan dan mengusahakan agar bisa menjadi jalan rezeki yang menjanjikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.