VGA Card : Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsinya!

VGA Card Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsinya

VGA card adalah sebuah komponen yang ada di komputer dengan peran cukup krusial. Kemunculan komponen ini ternyata punya banyak manfaat dan juga semakin tinggi kebutuhannya dari hari ke hari. Fungsi utama dari perangkat hardware di komputer ini yaitu melakukan edit foto, edit video atau memaksimalkan permainan game.

Pengertian VGA Card

Komponen VGA card punya tanggung jawab untuk melakukan pengaturan di spek komputer yang akan ditampilkan pada layar. Dengan hardware ini proses grafik di motherboard menjadi lebih maksimal. Untuk diketahui, bahwa pada motherboard dan juga CPU sebenarnya sudah dilengkapi dengan VGA di dalamnya.

Namun biasanya punya tipe yang lebih kecil dibanding VGA yang Anda beli secara terpisah. VGA ini punya sistem pendingin dan memory chip yang lebih  bisa mengoptimalkan kinerja chip tersebut. Komputer tentu membutuhkan VGA namun bedanya hanya pada segi spesifikasi. Bahkan smartphone yang Anda gunakan sehari-hari juga menggunakan VGA namun kapasitasnya lebih kecil daripada VGA untuk PC dan laptop.

Nah bagi PC atau laptop yang digunakan untuk mengerjakan grafis sehari-hari maka membutuhkan VGA dengan spek yang lebih tinggi. Biasanya pekerjaan grafis cukup berat seperti melakukan rendering gambar, melakukan desain 3D modeling hingga untuk kestabilan bermain game.

Cara Kerja VGA Card

Nah setelah mengetahui pengertian VGA card, Anda juga perlu tahu bagaimana cara kerja dari perangkat ini. Komponen ini punya fungsi inti yaitu menerjemahkan atau melakukan perubahan sinyal digital yang berasal dari komputer lalu ditampilkan di layar monitor dengan tampilan grafis. Kartu VGA ini juga digunakan untuk menerjemahkan output dari komputer ke monitor sebagai pendukung agar performa grafis yang tampil jauh lebih baik.

Nah komponen ini akan mulai bekerja ketika ada aplikasi yang dijalankan. Lalu setelah itu, VGA akan meminta bantuan driver kartu grafis untuk mengambil data digital yang akan dikonversikan menjadi format agar mudah dimengerti oleh komponen tersebut. Kemudian driver akan menyampaikan data digital yang sudah dilakukan konversi ke kartu grafis Untuk selanjutnya melakukan proses rendering.

Proses-proses ini tentu akan melewati yang namanya motherboard. Dari kartu grafis data akan dilanjutkan ke memori sementara. Setelahnya GPU mengambil data digital mengubahnya menjadi pixel-pixel gambar yang kemudian akan dikirim balik ke video RAM. Proses belum berhenti sampai disini. Video RAM terlebih dahulu harus meneruskan data digital ke RAMDC untuk mengubahnya menjadi data analog. Selangkah lagi, RAMDC akan memberikan hasil akhir gambar ke monitor lewat kabel dan display interface.

Fungsi VGA Card

Secara garis besar fungsi dari kartu VGA sudah dijelaskan di atas. Namun anda tentu harus tahu fungsi VGA secara rinci.

  • Menyimpan data yang ada di hardisk.
  • Memproses semua grafis yang akan ditampilkan ke layar monitor PC atau laptop.
  • Membuat gambar dengan kualitas yang lebih bagus.
  • Menerjemahkan output dari komputer ke monitor.
  • Menggambar atau melakukan desain grafik untuk keperluan bermain game.
  • Mengubah sinyal digital yang ada di komputer menjadi tampilan grafis untuk layar monitor.
  • Melakukan setting pada Graphic Option Windows.
  • Membuat tampilan dari kombinasi grafis, warna dan kecepatan transfer grafis agar lebih berkualitas lagi.
  • Membuat video atau gambar tampilannya lebih tajam, terang dan juga jelas.

Jenis-Jenis VGA Card

Kini saatnya membahas jenis-jenis VGA card terbaik yang umumnya banyak digunakan.

  • Integrated, VGA jenis ini umumnya menjadi 1 bagian dari motherboard dan juga CPU. Paling mudah menemukan integrated VGA yaitu pada chipset Intel dan juga AMD Ryzen.
  • PCI, VGA ini terpisah dari motherboard dan CPU. Lebih sering digunakan sebagai perantara antara motherboard dan layar monitor. Namun pada motherboard modern Sudah jarang digunakan karena terdapat selat tersendiri sebagai konektor.
  • AGP, digunakan sebagai komponen untuk lebih mempercepat processing graphic. Pilih yang kecepatannya 2x sampai 4x, namun harus diketahui bahwa penambahan kecepatan ini akan dibatasi oleh motherboard.
  • PCI-E, merupakan Vega paling modern dan digunakan untuk heavy duty task. Untuk kecepatannya bisa mencapai 16x. Kemampuannya yang sangat tinggi ini hanya bisa kompatibel pada motherboard jenis tertentu.

Demikian penjelasan seputar VGA card yang wajib Anda ketahui. Terutama bagi para pemula yang baru mempelajari komponen-komponen pada komputer.