Menikmati Aktivitas Air dan Daya Tarik Wisata Green Canyon Pangandaran

Wisata Green Canyon Pangandaran

Sudah pernah mendengar tempat wisata Green Canyon Pangandaran? Jika mendengar kata Green Canyon, kebanyakan orang mungkin akan berpikir tentang Colorado Amerika. Ya, namanya mungkin terdengar sama. Begitu pula dengan eksotisme pemandangan dan pesonanya. Jadi bisa dibilang kalau Green Canyon Pangandaran adalah Green Canyon-nya Indonesia.

Tapi masyarakat di sekitarnya justru menyebut kawasan wisata ini dengan nama Cukang Taneuh. Pasalnya, di atas lembah dan jurang Green Canyon ini terdapat jembatan yang terbuat dari tanah. Mengunjungi tempat wisata ini ada banyak tempat yang bisa Anda jadikan destinasi. Berbagai spot dan daya tarik dapat dinikmati selama perjalanan.

Daya Tarik Wisata Green Canyon Pangandaran

Ada banyak daya tarik di spot wisata Pangandaran ini. Berikut yang bisa Anda nikmati.

  • Keindahan Panorama Wisata

Di Green Canyon ini Anda dapat menikmati jernihnya air yang berwarna hijau tosca. Green Canyon berada di antara dua bukit batu yang penuh dengan rerimbunan pepohonan. Pemandangannya pun membentuk lukisan alam nan eksotis.

Tak heran, jika lokasi wisata Green Canyon Pangandaran ini disebut dengan Green Canyon-nya Indonesia. Menyiapkan kamera menjadi hal wajib selama perjalan. Anda bisa menikmati pemandangan selama menyusuri Sungai Cijulang dan objek-objek indah di sepanjang alirannya.

Di sepanjang sungai Anda bakal menjumpai goa-goa yang dihiasi stalaktit mempesona. Tujuan dari terowongan menyerupai gua di bawah jembatan tanah inilah yang akhirnya disebut dengan nama Gua Green Canyon.

  • Aktivitas Air yang Bisa Dilakukan

Mengunjungi wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat, tak lengkap rasanya jika hanya menikmati pemandangan saja. Anda pun bisa menikmati berbagai aktivitas air yang seru. Seperti halnya aktivitas berenang di air sungai yang super jernih, sekaligus menyaksikan ikan-ikan berenang.

Saat menyusuri sungai di atas perahu, pengunjung bisa mendengar suara gemuruh dan gemericik air berjatuhan dari tebing. Jika ingin berpetualang,  tersedia juga body rafting. Aktivitas ini cocok bagi Anda yang menyukai memacu adrenalin, karena sensasinya sangatlah menantang.

Terjun ke sungai dari batu ketinggian 5 – 9 meter, atraksi panjat tebing, trekking, serta berenang setelahnya bisa Anda coba. Tapi jika menyukai aktivitas yang penuh ketenangan, naik sampan sambil memancing ikan layak Anda coba.

  • Fasilitas di Green Canyon

Ingin menikmati suasana dan pemandangan wisata Pangandaran lebih lama? Setelah puas menyusuri sungai dan berkeliling lokasi wisata, Anda bisa menyewa tempat penginapan. Ada banyak tempat penginapan sekitar Pangandaran untuk pilihan menginap Anda.

Tidak terlalu jauh. Anda bisa mencari penginapan dengan jarak kurang lebih 1 jam dari wisata Green Canyon Pangandaran. Adapun tempat menginap yang lebih dekat, yakni berada di kawasan Pantai Batu Karas.  Jaraknya hanya sekitar 15 menit saja. Lokasi ini cocok buat Anda yang masih ingin melanjutkan perjalanan.

Fasilitas lain yang ada di sini, yaitu restoran di Green Canyon, lahan parkir luas, serta area belanja seperti oleh-oleh. Anda bisa mendapatkan berbagai keperluan cinderamata di gerai-gerai sekitar area parkir. Ada banyak penjual pernak-pernik, pakaian, aksesoris, serta makanan atau jajanan khas untuk dibawa pulang.

Menuju Green Canyon

Green Canyon berlokasi di alamat Jalan Raya Cijulang – Green Canyon, RT 02 /RW. 10, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, 46394. Untuk rute atau akses jalan dari Jakarta atau Bandung, menggunakan rute utama ke arah Pangandaran.

Jarak tempuhnya 31 km dari Pangandaran yang bisa diakses menggunakan transportasi pribadi. Apabila memanfaatkan transportasi umum, Anda bisa naik minibus dari terminal Pangandaran menuju terminal Cijulang. Untuk akses ke Green Canyon, Anda bisa naik ojek yang mangkal di sekitar terminal Cijulang.

Biaya Masuk Green Canyon

Harga tiket Green Canyon dimulai dari harga Rp 150.000,- sampai Rp 250.000,- sesuai paket wisata yang diambil. Sekaligus biaya menyewa perahu motor dari dermaga (loket) untuk  mengarungi beningnya Sungai Cijulang.  Setiap perahu muat maksimal 5 (lima) orang dengan jarak perjalanan hingga 3 km atau sekitar 30 – 45 menit.

Menghabiskan waktu libur dengan mengunjungi tempat wisata Green Canyon Pangandaran menjadi pilihan tepat. Tapi jangan lupa. Pastikan Anda sudah menyiapkan baju ganti. Anda tentu tidak ingin bukan basah-basahan akibat bermain air dan tak membawa baju ganti? Pokonya, mengunjungi Green Canyon tak boleh deh Anda lewatkan!