Saturday 15th June 2024
Durbar Marg, Kathmandu

Zoom dan Google Meet adalah dua aplikasi rapat onlineĀ  yang populer di masa pandemi lalu. Kedua aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta fitur-fitur yang berbeda.

Ada banyak aplikasi rapat online yang tersedia di Google Play Store dan Apps Store sehingga menyulitkan pengguna untuk memilihnya.

Dari semua aplikasi video konferensi yang ada, yang paling populer mengerucut pada kedua aplikasi Zoom dan Google Meet.

Lalu, mana yang lebih unggul di antara keduanya? Artikel ini akan membahas perbandingan Zoom dan Google Meet dari segi keamanan, kapasitas, kemudahan, dan integritas.

Perbandingan Zoom vs Google Meet

Keamanan

Salah satu aspek penting dalam video konferensi adalah keamanan. Zoom sempat mengalami beberapa masalah keamanan, seperti Zoombombing, di mana orang-orang tidak diundang dapat mengganggu rapat online.

Zoom juga dikritik karena tidak mengenkripsi panggilan secara end-to-end, sehingga rentan terhadap penyadapan. Zoom kemudian berusaha memperbaiki masalah ini dengan mengeluarkan pembaruan keamanan dan fitur-fitur baru, seperti waiting room, password, dan lock meeting.

Google Meet, sebagai produk dari Google, memiliki keamanan yang lebih terjamin. Google Meet mengenkripsi semua panggilan secara end-to-end, sehingga lebih aman dari penyadapan.

Google Meet juga memiliki fitur anti-abuse, yang mencegah orang-orang tidak diundang untuk bergabung dengan rapat. Selain itu, Google Meet juga mematuhi standar keamanan yang tinggi, seperti ISO 27001, SOC 2, dan SOC 3.

Kapasitas

Kapasitas maksimal peserta dalam video konferensi juga menjadi salah satu faktor yang membedakan Zoom dan Google Meet. Zoom memiliki kapasitas yang lebih besar daripada Google Meet, tergantung pada paket yang dipilih. Untuk versi gratis, Zoom dapat menampung hingga 100 peserta dalam satu rapat, dengan durasi maksimal 40 menit. Untuk versi berbayar, Zoom dapat menampung hingga 500 peserta, dengan durasi tidak terbatas.

Google Meet, di sisi lain, memiliki kapasitas yang lebih terbatas. Untuk versi gratis, Google Meet hanya dapat menampung hingga 100 peserta dalam satu rapat, dengan durasi maksimal 60 menit.

Untuk versi berbayar, Google Meet dapat menampung hingga 250 peserta, dengan durasi tidak terbatas. Namun, Google Meet memiliki keunggulan dalam hal streaming langsung, yang dapat menjangkau hingga 100.000 penonton.

Kemudahan

Kemudahan dalam menggunakan aplikasi video konferensi juga menjadi pertimbangan bagi pengguna. Zoom dan Google Meet memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal ini. Zoom membutuhkan pengguna untuk mengunduh dan menginstal aplikasi khusus di perangkat mereka, baik komputer maupun ponsel.

Hal ini dapat menyebabkan kesulitan bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan teknologi, atau yang memiliki koneksi internet yang lambat. Zoom juga memiliki antarmuka yang cukup rumit, dengan banyak fitur dan pengaturan yang dapat membingungkan pengguna.

Google Meet, sebaliknya, tidak membutuhkan pengguna untuk mengunduh atau menginstal aplikasi apa pun. Google Meet dapat diakses melalui browser web, baik di komputer maupun ponsel.

Hal ini membuat Google Meet lebih mudah dan cepat untuk digunakan, tanpa perlu khawatir tentang kompatibilitas atau kecepatan internet. Google Meet juga memiliki antarmuka yang lebih sederhana dan intuitif, dengan fitur-fitur yang mudah dipahami dan diatur.

Integrasi

Integrasi dengan aplikasi lain juga menjadi salah satu kelebihan dari Google Meet. Google Meet terintegrasi dengan Google Workspace, yang merupakan paket aplikasi produktivitas dari Google, seperti Gmail, Google Calendar, Google Drive, Google Docs, dan lain-lain.

Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah mengatur rapat, mengirim undangan, berbagi dokumen, dan melakukan kolaborasi dengan aplikasi Google lainnya.

Zoom, meskipun tidak terintegrasi dengan Google Workspace, tetap memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan aplikasi lain.

Zoom memiliki fitur yang disebut Zoom Apps, yang untuk mengakses dan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Dropbox, Slack, Asana, dan lain-lain, tanpa meninggalkan rapat Zoom. Zoom Apps dapat membantu pengguna untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan keterlibatan dalam rapat.

Penutup

Dari perbandingan di atas, dapat disimpulkan bahwa Zoom dan Google Meet memiliki keunggulan masing-masing, tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Untuk rapat yang lebih besar, lebih lama, dan lebih kompleks, Zoom mungkin lebih cocok.

Untuk rapat yang lebih kecil, lebih singkat, dan lebih sederhana, Google Meet mungkin lebih cocok. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba kedua aplikasi ini dan menentukan mana yang lebih unggul.

sumber :

https://istana138.pro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top